Tujuh Tips dan Cara Membuat Baterai Android Lebih Lama

penghemat baterai androidDi zaman yang serba canggih seperti saat ini, gadget berbasis android sudah bukan merupakan hal yang asing lagi. Bagaimana tidak? Bahkan hampir setiap orang mempunyai android, mulai dari smartphone hingga tablet yang mereka gunakan. Meskipun demikian, ada satu kelemahan yang biasa dirasakan oleh setiap pengguna gadget android. Kelemahan tersebut adalah berupa baterai yang boros. Hal ini karena smartphone android membutuhkan beberapa fitur yang tersambung dengan jaringan internet. Bahkan bisa dikatakan bahwa performa android tidak akan maksimal jika tanpa ada jaringan internet. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini anda akan mendapat ulasan singkat mengenai cara membuat baterai android lebih lama. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Memperhatikan Suhu

Salah satu langkah paling mudah agar baterai android anda tahan lama adalah dengan mempertahankan suhu gadget anda tersebut. Sebisa mungkin hindarilah suhu panas yang berlebih ketika menggunakannya. Biasanya panasnya mesin android juga diakibatkan ketika anda terlalu banyak melakukan multitasking.

  • Atur Kecerahan Layar

Solusi agar baterai android anda lebih awet adalah dengan memperhatikan dan mengatur ulang kecerahan layar gadget tersebut. Semakin cerah layar, maka daya baterai yang dihabiskan pun juga akan semakin cepat. Selain kecerahan layar, anda juga bisa menjadikan baterai android anda lebih awet dengan mengatur screen timeout. Apa maksudnya? Screen timeout adalah lama layar menyala yang dihitung dari sentuhan terakhir. Aturlah agar android anda memiliki screen timeout yang singkat.

  • Aktifkan Power Saving Mode

Gadget android adalah gadget canggih yang didalamnya pasti ada mode Power Saving. Mode yang satu ini bertujuan agar gadget secara otomatis menonaktifkan fitur-fitur yang menghabiskan daya baterai android. Pada mode power saving, biasanya kecerahan akan diturunkan, mematika konektifitas baik bluetooth atau wi-fi, dan lain sebagainya.

  • Matikan Getar

Fitur getaran adalah fitur yang ada pada semua merek ponsel. Biasanya fitur getar akan diaktifkan apabila sebuah ponsel berada dalam posisi ‘silent’ sehingga anda tetap bisa mengetahui ada tidaknya sms ataupun panggilan yang masuk. Mematikan fitur getar adalah salah satu cara tepat untuk menghemat daya baterai android.

  • Matikan Screen Saver

Selain terdapat pada ponsel-ponsel pada umumnya, android juga menyediakan screen saver yang akan berjalan ketika android sedang dalam keadaan stand by. Hal inilah yang menjadikan banyak daya baterai yang dihabiskan. Dengan menonaktifkan screen saver, maka daya baterai ada akan bertahan lebih lama.

  • Perhatikan Sinyal

Sinyal adalah hal wajib yang harus ada pada semua ponsel termasuk android. Tanpa adanya sinyal, maka kita tak akan bisa mengirim atau menerima pesan, melakukan atau menerima panggilan, dan tak bisa menjelajah dunia maya. Jika anda sedang berada di daerah yang sangat susah sinyal, maka sebaiknya anda mematikan gadget anda tersebut. Mengapa? Karena semua ponsel, termasuk android, akan terus mencari berusaha mencari sinyal ketika berada di daerah ‘kosong’ sinyal sekalipun. Hal inilah yang menjadikan gadget android cepat panas dan membuatnya kehabisan daya baterai.

  • Hindari Melakukan ‘Hidup-Mati’

Hindarilah perbuatan menghidup-matikan gadget android anda. Mengapa? Karena android akan menghabiskan banyak daya saat melakukan booting atau start-up setelah dia mati. Dengan begitu, secara otomatis baterai akan cepat habis.

Demikianlah penghematan baterai android yang bisa anda lakukan. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Cheers,
Mujianto

Sikat Gigi Internet Membuat Debut Pertamanya Di Dunia

sikat gigi internet kolibree

“Brush smarter”.

Itulah pesan dari pembuat benda yang disebut sebagai sikat gigi yang terhubung internet pertama di dunia.

Unveiled Sunday di acara preview untuk Consumer Electronics Show, perangkat yang berbasis dari Perancis Kolibree startup ditujukan “untuk menemukan kembali perawatan mulut”, menurut co-founder Loic Cessot.

“Teknologi di industri belum berkembang selama bertahun-tahun,” Cessot kepada AFP.
“Idenya adalah untuk tidak menyikat dengan kuat, tapi cerdas.”

Sikat Gigi Kolibree menyertakan sensor yang mendeteksi seberapa banyak karang gigi yang akan dihilangkan saat menyikat. Alat ini juga catatan aktivitas menyikat sehingga pengguna dapat mempertahankan pembersihan yang konsisten setiap waktu.

Perangkat menyampaikan informasi secara nirkabel ke aplikasi smartphone – kemudahan yang sangat berguna bagi orang tua yang ingin memantau upaya pembersihan gigi anak-anak kecil, menurut Cessot.

“Saat Anda menggunakan sikat gigi biasa Anda tidak pernah benar-benar tahu apa yang telah Anda bersihkan. Mungkin 30 persen. Satu-satunya orang yang benar-benar tahu adalah dokter gigi.”

Tapi aplikasi dapat memberitahu pengguna jika mereka melewati daerah yang sulit dibersihkan atau tidak terjangkau saat menyikat.

Aplikasi tersebut, yang terbuka bagi para pengembang untuk menambahkan program lain, bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan membuat pengalaman lebih menyenangkan, kata Cessot.

Startup yang didanai sendiri tersebut diciptakan oleh Cessot dan mantan Microsoft dan Google eksekutif Thomas Serval berencana untuk merilis sikat gigi tersebut di seluruh dunia pada kuartal ketiga, mendapatkan dorongan dari upaya crowdsourcing.

Pesanan akan tersedia awalnya melalui Kickstarter dari $99 Sampai $200, tergantung pada model dan akan mencakup aplikasi mobile gratis.